Senin, 12 November 2012

Jilbab Transparan: Apa Yang Salah?

Assalamualaikum Wr. Wb.


Ketika ngampus setelah weekend, eh, tiba2 gak sengaja ketemu ama temen akhwat yang baru mencoba memakai jilbab *yaialah, masa ikhwan pake jilbab?* *ya udah gak usah sewot juga* *eh, kamu kok nyolot sih* *eh, sudah2.. maaf, saya berkepribadian ganda* .. At the first glance, tentu aja aku seneng bukan main dan juga bangga, karena salah seorang yang udah meyakinkan keputusannya make jilbab adalah aku *cuman curhat doang, bukan mau riya*.. At all, kata2 ku ternyata gak masuk kuping kanan, keluar kuping kiri alias didengerin ama dianya..

Namun, setelah aku perhatikan lagi, ternyata masih ada yang agak kurang sreg.. Apa itu? Sang akhwat memakai jilbab yang transparan ternyata.. Terus apa yang salah dengan itu? Yaa, mungkin untuk beberapa temen akhwat maupun ikhwan, mungkin merasa gak ada yang salah dengan itu.. Namun, apakah menurut temen2 sekalian di dalam agama tercinta kita, Islam, mempergunakan jilbab transparan itu boleh? Naah, di postingan kali ini, mari kita sama2 membahas dan mencari info2 dari situs2 lain maupun blog2 tetangga sebelah.. *oke, cukup iklannya, lanjut lagiii~*

Eits, tunggu dulu, kita bicarain jilbab transparan kan? Pada tau gak jilbab transparan itu yang bagaimana? *ntar saya cape2 jelasin blablabla, eh kamunya gak konek*.. Berikut contoh penggunaannya..

Gambar : Contoh penggunaan jilbab transparan.

Okesip, kalo dari gambar itu juga gak ngeh apa itu jilbab transparan, anggap aja kita lagi bicarain bapak2 yang di pojokan yang udah dengan cool nya nge photobomb foto si mbak *maafin si bapak ya mbak*..

Lanjut lagi ke cerita saya dan temen saya tadi..
Nah, karena saya memang gak bisa gak komentar kalo ada sesuatu yang janggal menurut saya, maka langsung aja saya tanyain ke dianya.. Kira2 dialognya seperti ini: *kira2 hanya 1% yang original, lainnya udah direkayasa sedimikian rupa, maklum biar kamu tertarik bacanya*

Saya : Cieeh, yang udah make jilbab.. Gitu dong, kan kelihatannya kamu makin cantik.. *dalam hati, kelihatannya doang nih, aslinya? Makin cantik juga dong, kan udah di klaim kalo akhwat make jilbab, kecantikannya bukannya makin ketutupin, malah makin menjadi2.. Insyaallah..
Akhwat : Haha.. *nyengir, seneng nih dia ceritanya*
Saya : Eh, tunggu dulu deng *perhatiin jilbabnya dia*.. Lah itu kok jilbabnya begitu..
Akhwat : Emang jilbabnya kenapa? Biasa aja kan?
Saya : *mikir dulu, nyampainnya gmana* Eh, lupain yang tadi, aku mau nanya dong.. Kalo kamu mau bikin surprise ke temen kamu yang ulang tahun, misalnya kamu mau ngasih kado.. Cara kamu ngasihnya gmana?
Akhwat : Ya dibungkusin dong pake kertas kado atau apa gitu, masa main ngasi aja, emang itu hadiah gak berharga apa?
Saya : *dalam hati, ya gak usah sewot juga kali* *sabar, sabaaar* Trus, kamu cara bungkusnya gmana? Kalo misalnya kamu ngasinya bentuknya gak kotak gitu..
Akhwat : Di masukin ke kotak dong, atau apa aja yang bisa nyembunyiin bentuk aslinya itu.. Pokoknya jangan sampe kelihatan deh barang sedikit pun dari hadiahnya.. Mau bentuknya, mau tampilannya, atau apapun itu..
Saya : Naahh.. Kalau kamu bungkusnya pake kertas transparan gimana?
Akhwat : Bego lu, ya sama aja dong, ga ada gunanya *ampun deh, aku cuman ngetes kamu doang nih ceritanya, lama2 begini sayanya jg yg bakal nyerah duluan*.. 
Saya : *lagi2 dengan penuh kesabaran* Naah.. Kalau menurut kamu diri kamu itu pantas dihargai gak ama orang lain? *dengan polosnya nanya, tanpa khawatir bencana yang mengancam*
Akhwat : Pernah di lempar pakai kursi besi nggak? YA PANTASLAH~ *ampir aja dia ngangkat kursinya, untung kursinya berat, akhirnya gak jadi lempar.. yeah..*
Saya : Ampun deh.. Naaah.. Kalo menurut kamu diri kamu itu sangat berharga, kenapa kamu nggak memperlakukan diri kamu itu sama kayak hadiah atau kado yang tadi kita ceritain?
Akhwat : *masih proses* Maksudnya?
Saya : Begini lho.. Coba deh aku tanya, kenapa kamu gak mau ngasih surprise buat suami kamu nanti, bagaimana kamu yang sebenarnya? Bagaimana kamu memberi kado kepada orang lain?
Akhwat : *melongo dengan polosnya*
Saya : Jadi, tutupilah auratmu dengan cara yang sebaik2 mungkin, sehingga tidak lagi terlihat barang sedikitpun, sebagai hadiah untuk suami mu kelak yang konon menjadi satu2nya manusia di bumi ini yang halal melihat auratmu.. Dan seperti analogi membungkus kado itu cobalah sebaik mungkin aplikasikan ke diri kamu sendiri, karena dari fitrahnya dirimu itu bagaikan barang berharga yang tidak bisa sembarangan orang melihatnya dan menikmatinya.. Jangan biarkan barang sedikitpun orang bisa mengetahui bagaimana auratmu sebenarnya, seperti hadiah yang baik bentuk maupun tampilannya tidak bisa dengan gampangnya ditunjukkan kepada orang lain..

Jadi, dari cerita yang di atas tadi, cobalah untuk temen2 akhwat untuk menyempurnakan bagaimana pemakaian jilbab.. Karena seperti yang diatas tadi, untuk apa suatu aurat ditutupi padahal walaupun dengan usaha menutupi tersebut, kami -kaum ikhwan- masih bisa menikmatinya dengan bebas.. Sia2 kan? SANGAT SIA2..

Terus, sejauh mana kalian -kaum akhwat- harus menutupi auratnya?
Seperti yang telah kita ketahui, semua bagian tubuh perempuan adalah aurat kecuali muka dan kedua telapak tangannya..


Seperti hadist Rasulullah SAW, ketika beliau Asma binti Abu Bakar masuk ke ruangan wanita dengan berpakaian tipis, maka Rasulullah SAW pun berpaling seraya berkata:
يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتْ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ
“Wahai Asma’ sesungguhnya perempuan itu jika telah baligh tidak pantas menampakkan tubuhnya kecuali ini dan ini, sambil menunjuk telapak tangan dan wajahnya.”[HR. Muslim]

Dari hadist tersebut, saya mengutip beberapa paragraf yang berkaitan dengan hadist tersebut dari blog ini, berikut kutipannya:

Dalam hadits ini, Rasulullah SAW menganggap bahwa Asma’ belum menutup auratnya, meskipun Asma telah menutup auratnya dengan kain transparan. Oleh karena itu lalu Rasulullah SAW berpaling seraya memerintahkannya menutupi auratnya, yaitu mengenakan pakaian yang dapat menutupi . Dalil lain yang menunjukkan masalah ini adalah hadits riwayat Usamah, bahwasanya ia ditanyai oleh Rasulullah SAW tentang kain tipis. Usamah menjawab, bahwasanya ia telah mengenakannya terhadap isterinya, maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya:
“Suruhlah isterimu melilitkan di bagian dalam kain tipis, karena sesungguhnya aku khawatir kalau-kalau nampak lekuk tubuhnya.”
Qabtiyah dalam lafadz di atas adalah sehelai kain tipis. Oleh karena itu tatkala Rasulullah SAW mengetahui bahwa­sanya Usamah mengenakan kepada isterinya kain tipis, beliau memerintahkan agar kain itu dikenakan pada bagian dalam kain supaya tidak kelihatan warna kulitnya. Beliau bersabda,
”Suruhlah ister­imu melilitkan di bagian dalamnya kain tipis.”
Kedua hadits ini menunjukkan dengan sangat jelas, bahwasanya aurat harus ditutup dengan sesuatu, hingga warna kulitnya tidak tampak.

Untuk itu, marilah -untuk akhwat lagi, bukan ikhwan- menjaga kehormatannya masing2, karena bahkan warna kulit itu juga merupakan aurat bagi kalian.. Alhamdulillah, saya secara beruntung berhasil mendapatkan gambar yang menarik buat kita pahami bersama berkaitan dengan cara penggunaan jilbab bagi kaum akhwat *sekali lagi, jilbab hanya dipergunakan oleh akhwat, untuk ikhwan ntar kita bahas bagaimana hukumnya.. mana tau ada ikhwan yang punya keinginan make jilbab.. WHAT?*


Gambar : Islam mengajarkanmu untuk menutupi bukan membungkus auratmu

Ya, alhamdulillah, akhirnya postingan ini berakhir sampai disini *pegel nih, mana udah jam setengah satu lagi, tugas bsok juga blum selesai*.. Semoga dari semua tulisan saya dapat memberikan kebaikan kepada kita semua.. Amin.. Untuk yang terakhir kalinya, saya kembali tekankan, untuk kalian, kaum Akhwat, kembalilah sempurnakan kewajiban2 dasarmu seperti menutup aurat, jangan melakukannya setengah2, karena pada dasarnya itu adalah asetmu dan yang akan engkau persembahkan buat suami mu kelak.. *ya masa suami sendiri ga dihargai, sekali kamu menikah dengannya, gak hanya di dunia insyaallah sampai surga kamu akan tetap berada disisinya*..

Sekian dan terima kasih karena udah membaca postingan sederhana ini, semoga Allah SWT memberikan hidayah dan ridhoNya kepada kita semua.. Amin..
Jika ada kalimat yang kurang berkenan, maupun kesalahan2 atau kekurangan2, mohon dimaafkan karena saya juga manusia yang sekalipun tidak pernah luput dari kesalahan2..



Wabillahi taufik wal hidayah..
Wassalamualaikum Wr. Wb...

2 komentar:

  1. Aku suka banget sama perumpamaannya yang ngasih kado :D
    Nice post! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you.. :)
      keep in touch di blog ini yaa..
      insyaallah mungkin kamu bisa dapat ilmu atau manfaat2 lainnya.. ;)

      tanya2 juga boleh kok..

      Hapus